Tips Membuka Bisnis Sparepart Motor Yang Sukses
Others

Tips Membuka Bisnis Sparepart Motor Yang Sukses

Ada banyak sekali ide bisnis yang menguntungkan dan bisa anda coba. Salah satunya adalah bisnis onderdil motor. Onderdil atau sparepart motor menjadi kebutuhan penting dan selalu dicari semua orang. Apalagi pemilik sepeda motor di Indonesia semakin bertambah terus menerus. Tentunya ini akan memberikan keuntungan buat anda. Apalagi anda bisa menyediakan berbagai jenis sparepart yang lengkap. Semua orang pasti membutuhkannya, karena sparepart mudah rusak dan harus diganti secara rutin. Berikut ini tips membuka bisnis sparepart motor yang menguntungkan.

Modal Bisnis

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah modal bisnis. Untuk memulai bisnis ini dibutuhkan modal yang cukup besar. Karena hanya untuk beberapa jenis sparepart dibutuhkan biaya yang mahal. Apalagi anda menjual sparepart yang asli. Tentunya harga akan semakin tinggi. Untuk meminimalisir modal, anda bisa bekerjasama dengan sales atau distributor. Lakukan kerjasama dengan baik, sehingga anda bisa mengambil barang terlebih dahulu. Anda juga bisa bekerjasama dengan orang lain, sebagai suntikan dana modal.

Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis sangat menentukan kesuksesan bisnis anda. Di zaman serba digital ini, akan lebih mudah untuk memulai bisnis. Jika anda belum memiliki modal untuk membuat toko sendiri. Bisa menjual secara online. Anda bisa menjual lewat marketplace atau sosial media. Anda juga bisa menjual dengan cara mengantarkan ke bengkel-bengkel dengan kendaraan atau dikenal dengan sistem kanvas. Jika menjual di toko, anda harus memilih toko yang strategis. Parkir luas, mudah ditemukan dan lainnya. Anda juga bisa membuat dengan sistem swalayan, supaya pembeli semakin nyaman.

Distributor dan Karyawan

Jangan lupa untuk mencermati masalah distributor dan karyawan. Apalagi bila bisnis anda sudah berkembang. Anda harus memilih disributor yang tepat dan memiliki harga murah. Biasanya saat bisnis mulai berkembang, distributor akan mulai berdatangan. Mereka akan menawarkan produknya ke toko anda. Kemudian perhatikan juga masalah karyawan hal ini berhubungan dengan modal bisnis. Pilihlah karyawan yang paham tentang sparepart dan bisa melayani dengan baik. Jika masih kecil, anda belum membutuhkan karyawan. Bisa melakukan bisnis sendiri, sehingga meminimalisir pengeluaran bulanan.

Limbah Sparepart Motor

Ketika anda memulai bisnis sparepart, anda juga harus memikirkan limbah dari sparepart. Apalagi anda membuka bisnis jual beli sparepart dan bengkel. Pasti ada sparepart bekas dari motor yang diperbaiki. Anda harus memikirkan hal ini dengan baik, mau dibawa kemana. Jangan hanya menumpuk dan dijadikan sampah tak berguna. Namun anda tidak perlu khawatir karena limbah sparepart bisa memberikan keuntungan buat anda. Ada banyak pengepul yang mencari benda ini. Anda bisa bekerjasama dengan mereka. Sehingga anda mendapatkan penghasilan tambahan dari limbah tersebut.

Jual Sparepart dan Bengkel

Untuk mendapatkan keuntungan yang semakin besar, anda bisa jual sparepart dan bengkel. Sehingga keuntungannya semakin berlipat ganda. Orang yang tidak paham otomotif pasti akan menggunakan bengkel anda. Apalagi anda menyediakan sparepart original dan lengkap. Tidak perlu mencari ke toko lain untuk menemukan sparepart yang dibutuhkan. Namun modal yang dibutuhkan semakin besar. Karena anda harus membeli alat bengkel dan menggaji montir.

Buat anda yang ingin memulai bisnis jual beli sparepart motor bisa mencoba tips diatas. Semuanya membutuhkan disipilin dan kerja keras. Tidak ada hal yang instan dan mudah, harus dilakukan promosi terus menerus, sehingga bisnis anda semakin sukses dan berkembang. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat.

Like and Share ya ūüôā