Merancang Pencahayaan Terbaik Untuk Taman
Lifestyle

Merancang Pencahayaan Terbaik Untuk Taman

Saat ini produk elektronik dan elektrik dapat membuat area luar rumah seperti taman menjadi lebih indah. Untuk membuat taman tampak indah pada malam hari, tentu Anda akan memerlukan pencahayaan tambahan, yaitu lampu taman. Sorot cahaya lampu yang mengarah pada batang pohon atau kolam ikan dapat memberi sentuhan estetika di taman Anda. Bukan hanya itu, taman yang dilengkapi pencahayaan yang cerah sanggup memberikan keamanan dan petunjuk arah untuk halaman yang luas.

Biasanya pencahayaan yang dirancang mulai awal pembangunan rumah bisa menyatu dengan pencahayaan teras rumah dan fasad bangunan. Tetapi, bila rumah Anda belum dilengkapi lampu taman, Anda dapat merancang dan memasangnya sendiri. Baca beberapa tips di bawah ini sebelum memasang lampu pada taman Anda. Untuk mengetahui titik yang tepat saat meletakkan lampu taman, coba keliling taman dan cermati bagian yang ingin disorot oleh lampu.

Agar mewujudkan tampilan taman di rumah yang indah dan asri dibutuhkan beberapa elemen penyusun. Selain memilih jenis tanaman yang sesuai ditanami pada area sekitar hunian, elemen lampu di taman juga memiliki peran penting. Selain menambah penerangan, lampu taman juga bisa memberikan keindahan pada suasana taman saat malam hari tiba. Biasanya penerangan untuk taman memakai lampu sorot supaya memunculkan karakter bangunan dan tanaman di sekitarnya.

Tidak ada salahnya membuat foto atau sketsa taman Anda untuk dapat ilustrasi yang lebih jelas. Misalnya ingin menerangi pohon yang tinggi dengan lampu sorot, arahkan lampu tersebut pada sekitar bawah pohon yang mengarah ke atas. Sementara itu bila ingin memantulkan cahaya berkilau air kolam, Anda dapat meletakkan lampu yang ditanam pada area kolam renang atau kolam ikan.

Penataan lampu pada area taman penting untuk dilakukan, sebab selain berguna sebagai sumber penerangan pada malam hari, lampu taman juga bisa dipakai untuk membuat tampilan taman menjadi lebih indah. Jenis lampu sorot adalah jenis lampu taman yang sering digunakan sebab mampu menampilkan karakter bangunan dan tanaman pada sekitar taman.

  • Pilih Lampu Hemat Energi

Pemilihan lampu LED hemat energi adalah pilihan yang sesuai untuk rumah minimalis. Lampu ini bisa dilengkapi dengan sistem sensor malam dan siang, atau memakai sistem dimmer. Lampu LED dengan tenaga surya saat ini banyak dijual bebas di pasaran. Lampu tenaga surya tersebut memiliki cara kerja dengan menyerap cahaya matahari pada siang hari untuk jadi cadangan energi di malam hari.

Harganya juga cukup terjangkau, membuat Anda tidak perlu boros untuk membelinya. Walaupun tahan lama, mudah dipindahkan dan dipasang, lampu ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Antara lain tidak mempunyai sorot cahaya seterang lampu listrik, tidak hanya itu modelnya juga relatif mirip di pasaran. Banyak brand lampu LED yang bagus, misalnya lampu Philips, Osram, dan masih banyak lagi.

  • Konsep Taman yang Sesuai

Ada banyak model lampu taman yang pastinya disesuaikan dengan konsep taman yang sudah Anda buat. Bagi taman yang memerlukan asupan cahaya banyak, lampu taman tipe halogen sanggup memberikan cahaya dramatis dan menimbulkan warna asli dari objek yang terkena cahaya untuk taman Anda. Tetapi, hindari pilihan lampu dengan cahaya putih misalnya neon, sebab warna asli dari objek tampak tidak jelas, bahkan objek bisa tampak lebih pucat.

Selain tipe lampu halogen, Anda juga dapat memilih tipe lampu spotlight. Lampu ini mempunyai kualitas pencahayaan yang baik, sehingga sesuai untuk diletakkan di taman tropis yang luas. Anda dapat mengarahkan lampu tersebut ke arah tanaman yang mempunyai bentuk menarik. Letakkan lampu dekat dengan objek sehingga bisa tampak kontras pada bagian yang langsung terkena cahaya dan bayangan yang lebih gelap dari batang dan daun yang ada di bagian belakangnya.

  • Perawatan Taman yang Baik

Semahal atau sebagus apapun lampu dan penataan yang jadi pilihan Anda, tetap saja perlu perawatan berkala. Sebab ada di luar ruangan, lampu taman biasanya lebih cepat kusam. Untuk itu selalu bersihkan bola lampu dari kotoran dan debu dengan teratur. Lebih dari itu, pangkas semak atau pohon yang telah mulai menutupi lampu. Supaya lebih tahan lama, Anda juga dapat memasang rumah lampu yang memiliki grill  lampu yang diletakkan di bagian bawah.

  • Cermati IP atau Indeks Proteksi

Sebelum beli lampu taman, sebaiknya perhatikan Indeks Proteksi atau IP yang terdiri dari angka 2 digit. Angka yang ditulis di awal adalah indikator perlindungan pada unsur-unsur solid. Batasanya dimulai angka 0 sampai 6. Sedangkan angka kedua mencerminkan indikator perlindungan pada benda cair. Batasannya mulai dari angka 0 sampai 8. Semakin kecil dua angka yang dicantumkan, berarti makin kecil proteksi yang ada.

Like and Share ya 🙂