Jabatan Tingkatan Pangkat Polisi Golongan Perwira Menengah (Pamen)
Others

Jabatan Tingkatan Pangkat Polisi Golongan Perwira Menengah (Pamen)

Pangkat polisi Perwira Menengah atau yang sering disingkat sebagai Pamen merupakan golongan dari pangkat perwira dengan golongan di antara perwira tinggi dan perwira pertama. Perwira Menengah terdiri dari Kolonel, Letnan Kolonel, dan Mayor di Tentara Nasional Indonesia atau TNI.

Tingkatan Pangkat Polisi Perwira Menengah

Dalam Kepolisian Republik Indonesia, Perwira Menengah masih terbagi menjadi tiga tingkatan jabatan dengan tanda atau lambang yang berbeda-beda sebagai pembeda dengan jabatan lainnya. Berikut tingkatan pangkat polisi Perwira Menengah :

  1. Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.)

Komisaris Besar Polisi atau Kombes Pol merupakan tingkat ketiga dalam golongan Perwira Menengah dalam Kepolisian Republik Indonesia dan Kolonel dalam Tentara Nasional Indonesia atau TNI. Tanda kepangkatan Komisaris Besar Polisi yaitu digunakan yaitu tiga bunga dengan lima sudut atau tiga melati. Pada pangkat ini lebih dikenal dengan sebutan Kombes namun awalnya disebut sebagai Kolonel dan pada periode Juni 2000 hingga Desember 2000 sebagai Senior Superintendent.

  1. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Ajun Komisaris Besar Polisi merupakan tingkat kedua dalam golongan Perwira Menengah dalam Kepolisian Republik Indonesia dan setara dengan pangkat Letnan Kolonel di Militer. Dalam website daftarpustaka.org tanda kepangkatan Ajun Komisaris Besar Polisi yaitu dua bunga dengan lima sudut atau dua melati. Sekarang pangkat ini memang sudah dikenal sebagai AKBP namun dulunya lebih sering disebut sebagai Letnan Kolonel dan pada periode Juni 2000 hingga Desember 2000 sebagai Superintendent.

  1. Komisaris Polisi (Kompol)

Komisaris Polisi atau Kompol merupakan tingkat pertama atau ke satu dalam golongan Perwira Menengah dalam Kepolisian Republik Indonesia dan setara dengan pangkat Mayor di Militer. Tanda kepangkatan Komisaris Polisi yaitu satu bunga dengan lima sudut atau satu melati. Dulunya Komisaris Polisi lebih sering disebut dengan Mayor dan pada periode Juni 2000 hingga Desember 2000 sebagai Asistent Superintendent.

Pangkat polisi Perwira Menengah ini memiliki masing-masing tugas yang berbeda-beda sesuai dengan jabatannya. Dulunya di TNI atau Tentara Nasional Indonesia, Komisaris, Ajun Komisaris Besar dan Komisaris Besar dikenal sebagai Mayor, Letnan Kolonel, dan Kolonel.

Like and Share ya 🙂