Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tidur Di Malam Hari
Lifestyle

Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tidur Di Malam Hari

Ketika anak rewel di malam hari, akan membuat orang tua repot dan khawatir. Malam hari waktunya bayi untuk istirahat, namun bila rewel anak tidak akan tidur. Ada banyak hal yang menyebabkan bayi rewel. Seperti kepanasan, haus, sakit, pipis dan masih banyak lainnya. untuk mengatasinya, anda harus tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Solusi Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan, bila si kecil rewel di malam hari. semua cara ini sangat mudah dilakukan dan efektif mengatasi si kecil yang rewel terus menerus.

  • Memberi ASI

Bayi yang lapar biasanya akan rewel terus menerus. dia akan susah tidur dan menangis terus. Oleh karena itu anda bisa memberikan Asi pada bayi. Supaya bisa kenyang dan tidur nyenyak. Untuk bayi anda harus membangunkan secara rutin di malam hari untuk memberikan asi.

Ada beberapa tanda bila bayi kelaparan. Seperti menggerakkan bibir terus, gelisah, mengisap jari, dan lainnya. bila hal ini terjadi langsung saja berikan Asi ke bayi anda.

  • Mengganti popok

Bila bayi masih menangis, cobalah cek popoknya. Ketika popok sudah terlalu penuh atau bayi buang air besar,. dia akan merasa tidak nyaman. kondisi yang tidak nyaman akan membuat bayi rewel terus menerus.

Bila kondisi popok sudah basah, segera ganti dengan yang baru. Sehingga bayi merasa lebih nyaman. pastikan memilih popok dengan ukuran yang pas. Supaya bayi tetap merasa nyaman dan tidak sesak.

  • Menidurkan dengan nyaman

Ada banyak alasan bayi merasa rewel. Salah satunya dia merasa lelah dan ingin tidur. Cobalah untuk menidurkan dengan nyaman. bayi yang mengantuk namun susah tidur, akan membuat dia menangis terus menerus.

Buatlah suasana yang nyaman, redupan lampu kamar kemudian tidurkan. Ini akan membuat bayi lebih cepat tidur. Selain itu buat suhu di ruangan yang nyaman. tidak terlalu panas dan dingin, sehingga bayi bisa tidur nyenyak.

  • Memberikan pelukan hangat

Jangan lupa untuk memberikan pelukan hangat pada si kecil. Buat dia merasakan kenyamanan dan kehangatan dari orang tuanya. Ini akan membuat anak lebih cepat tidur dan tidak rewel terus menerus. tidak perlu memberikan pelukan terlalu erat, cukup berikan pelukan yang hangat dan nyaman bagi si kecil.

Setelah berusia beberapa bulan, bayi lebih mudah mengenali aroma dan wajah orang tuanya. I pelukan juga bisa membuat hubungan anda dan buah hati lebih dekat. Tunjukan rasa sayang anda ke anak. Sehingga si kecil merasa nyaman dalam dekapan anda.

  • Menghangatkan perut supaya mencegah kolik

Kolik merupakan kondisi perut bayi kembung, karena kandungan gas terlalu banyak. kondisi ini bisa membuat bayi kurang nyaman. dia akan menangis terus dan tidur tidak nyenyak. Jika kondisi ini dibiarkan, bayi bisa menangis sepanjang malam.

Untuk mengatasinya bisa dengan memberikan minyak telon di perut bayi. Oleskan secara perlahan dan berikan pijatan lembut, sehingga perut bayi lebih nyaman. jangan memijat perut bayi terlalu keras, karena bisa membahayakan kondisi kesehatan bayi anda,

  • Biarkan Bayi Sendawa

Setelah minum susu atau makan, bayi sulit bersendawa sendiri. sehingga perut dan tenggorokannya kurang nyaman. anda harus membantunya untuk bersendawa. Saat menyusui bayi, tanpa disadari ada udara yang terperangkat di bagian lambung. Sehingga membuat perut bayi kurang nyaman.

Untuk membantunya bersendawa, anda bisa mendirikannya kemudian tepuk-tepuk dibagian punggungnya. Ini akan membuat perut bayi lebih nyaman dan bersendawa. Setelah minum asi, jangan langsung menidurkannya. Namun biarkan bayi bersendawa terlebih dahulu.

  • Kenyamanan sesuai cuaca

Jangan lupa untuk memberikan kenyamanan bagi bayi sesuai cuaca. Bila cuacanya panas, jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal. begitu pula saat cuaca dingin. Berikan pakaian yang hangat. Pemilihan pakaian yang tepat akan membuat bayi lebih nyaman saat tidur.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bayi yang rewel. Bila bayi rewel karena sakit, segera atasi. Anda bisa membawanya ke dokter atau memberikan obat. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Like and Share ya 🙂