Cara Mencegah Flu Burung
Kesehatan

Agar Terlepas dari Gejala Kompleksnya, Inilah Cara Mencegah Flu Burung

Meskipun termasuk ke dalam salah satu jenis influenza, flu burung punya gejala yang berbeda. Tidak hanya seperti flu biasa, gejalanya sangat kompleks mulai dari gejala flu biasa sampai mengalami mimisan, demam tinggi, sesak napas, dan nyeri di dada dan otot. Mengingat gejalanya yang kompleks tersebut, sebaiknya Anda segera menerapkan cara mencegah flu burung berupa rangkaian kegiatan berikut ini.

  1. Menjaga Kebersihan Tangan

Kebersihan tangan harus dijaga demi kesehatan tubuh. Setelah melakukan aktivitas apapun, sebaiknya segera mencuci tangan agar semua kotoran, bakteri, dan virus yang menempel akan mati serta hilang. Cucilah tangan dengan air bersih dan sabun. Bilaslah dengan air yang mengalir agar benar-benar bersih. Dengan rajin mencuci tangan, Anda akan lebih sehat dan terhindar dari kemungkinan terserang virus. Pencegahan ini sangat efektif, mengingat kebersihan tangan sangat erat kaitannya dengan makanan yang dimakan dan kebersihan badan.

  1. Memasak Daging dan Telur dengan Higienis Sampai Matang

Jika ingin mengonsumsi daging atau telur, Anda juga harus menerapkan cara yang benar. Hal ini akan mencegah tersebarnya virus. Cara mencegah flu burung dengan memasak daging atau telur dengan higienis sampai matang adalah langkah tepat dan harus dilakukan.

Dilansir dari halodoc.com, Anda harus membersihkan daging sampai benar-benar bersih dan memasaknya sampai benar-benar matang. Pilih juga telur yang sehat dan masaklah sampai benar-benar matang. Tujuannya agar semua mikroba yang kemungkinan masih tersisa bisa mati dan tidak menginfeksi ketika daging atau telurnya dikonsumsi.

  1. Menghindari Konsumsi Daging Unggas Liar

Cara mencegah flu burung berikutnya adalah menghindari konsumsi daging unggas liar guna menghindari adanya unggas yang tidak sehat. Hal ini lebih baik dilakukan untuk meminimalisasi risiko penularan flu burung. Jadi, konsumsi saja unggas yang benar-benar sehat dan merupakan pilihan. Hindari juga mengonsumsi unggas hasil buruan karena hidupnya berada di alam liar yang belum tentu sehat.

  1. Menggunakan Masker Saat Berada di Sekitar Unggas

Mengenakan masker sebagai pelindung sangat penting diterapkan ketika berada di sekitar unggas. Anda bisa menghindari risiko terkena flu burung dengan mengenakan masker. Sebagai contoh, ketika Anda berada di lingkungan peternakan, kandang unggas, dan sebagainya. Anda yang berprofesi sebagai peternak juga wajib melakukan hal yang sama karena justru akan lebih sering kontak langsung dengan unggas.

  1. Bermukim dengan Jarak Minimal 25 Meter dari Peternakan

Agar aman, aturan pemukiman yang sehat adalah berjarak minimal sejauh 25 meter dari peternakan. Jadi, pilihlah lokasi pemukiman yang aman agar terhindari dari penularan virus influenza dari unggas ini. Apabila akan memelihara unggas, maka dirikan kandang atau peternakan dengan jarak minimal sejauh 25 meter dari rumah.

  1. Rutin Membersihkan Kandang Jika Memelihara Unggas

Cara mencegah flu burung berikutnya adalah dengan rutin dalam membersihkan kandang bagi Anda yang memelihara unggas. Hal ini sangat penting untuk mencegah tersebarnya virus influenza dari unggas yang sangat merugikan. Pemicu tersebarnya virus lewat kotoran juga akan bisa dicegah dengan upaya pembersihan rutin. Tetapkan jadwal berkala dan aturlah posisi kandang agar tertata rapi. Ciptakan kandang yang sehat dan memadai untuk semua unggas yang dipelihara agar tetap sehat.

Rangkaian cara mencegah flu burung di atas sangat perlu dilakukan demi kesehatan tubuh. Jangan sampai Anda terserang virus H5N1 atau H7N9 yang gejalanya sangat kompleks ini. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah langkah efektif untuk mencegah penyebaran virus. Memasak unggas secara benar juga sangat membantu memutus rantai penyebaran virus. Pastikan juga unggas yang dimasak memang dalam kondisi segar.

Sumber Artikel:

www.halodoc.com

doktersehat.com

www.honestdocs.id

Like and Share ya 🙂