Dampak Positif dari Penerapan Smart City di Indonesia
Others

7 Dampak Positif dari Penerapan Smart City di Indonesia

Ketika menyebut kata smart city, apa yang terbayang di benak Anda? Kota yang semuanya terisi hal yang modern, tertata, rapi dan menyenangkan? Nah, itulah sebenarnya tujuan dari ini. Dengan penerapan kota pintar ini, akan banyak dampak positif yang bisa terjadi di Indonesia. Sudah ada beberapa kota yang menerapkan ini. Nah, apa saja dampaknya?

  1. Infrastruktur yang Lebih Baik

Dampak positif pertama yang bisa didapat dengan adanya kemajuan dalam bidang infrastruktur. Sokonga infrastruktur yang berkualitas ini tentunya bisa membuat kota tersebut diakses dengan mudah oleh semua pihak. Selain itu, infrastruktur ini juga berhubungan langsung dengan mobilitas yang diharapkan.

Infrastruktur yang dimaksud di sini bukan hanya sebatas gedung tinggi pencakar langit saja. Namun juga infrastruktur dalam bidang teknologi, pelayanan publik, transprotasi lengkap dan masih banyak lagi.

  1. Semakin Banyak Kebutuhan Akan Tenaga Ahli

Selain itu, tenaga ahli akan makin dibutuhkan dengan terwujudnya kota ini. Berbagai fasilitas yang ada dan jaringan yang dibutuhkan tentunya perlu penangan dan perawatan berkelanjutan yang hanya bisa dilakukan tenaga ahli. Oleh sebab itulah, adanya kota pintar ini juga akan memperluas lapangan pekerjaan.

  1. Publik Tahu Kinerja Pemerintah

Dampak positif lainnya yang ada dengan pembangunan kota pintar ini adalah publik bisa tahu apa kinerja pemerintah selama ini. Transparansi adalah wujud dari smart city itu sendiri. Kinerja pemerintah juga bisa dikawal langsung oleh publi. Hal ini juga tentunya agar pemerintah bisa bersifat kontrutif sehingga keadaan jadi kondusif.

  1. Meningkatnya Produktivitas dan Pelayanan Pemerintah

Keuntungan lainnya dengan ada kota pintar ini adalah produktivitas masyarakat meningkat. Kontrol yang dilakukan masyarakat membuat standar kerja masing-masing institusi menjadi tinggi dan sekecil apapun kesalahan yang dibuat, publik akan langsung melakukan kroscek dan menghasilkan penilaian yang buruk.

Oleh sebab itulah, produktivitas dari siapa yang tinggal di dalamnya juga ikut meningkat. Masyarakat bisa mendorong pemerintah untuk lebih produktif dan melayani masyarakat dengan baik. Apalagi, saat ini jumlah pelayanan birokrastis yang berhubungan langsung dengan masyarakat tak sedikit sehingga produktivitas yang bagus itu sangat diperlukan.

  1. Efisiensi dalam Pengelolaan Pemerintah dan Aset Daerah

Dampak positif lainnya yang sangat terasa dalam pembangunan kota pintar ini adalah memungkinkan terjadinya pengelolaan pemerintah dan aset daerah yang lebih maksimal. Hal ini tentunya membuat sistem itu sendiri lebih flesktibel dan bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti tuntutan perubahan zaman.

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup Warga

Tentu saja, dengan adanya seluruh pembangunan tersebut, kualitas hidup masyarakat yang ada di dalamnya juga ikut meningkat. Kota pintar ini memiliki orientasi untuk memudahkan setiap orang yang dilingkupinya. Itu terjadi karena adanya infrastruktur yang baik untuk memudahkan setiap masyarakatnya dalam berbagai hal.

  1. Partisipasi Masyarakat Aktif dan Makin Kritis dengan Kinerja Pemerintah

Ini dampak positif lain yang bisa didapat. Masyarakat lebih aktif dan makin kritis dengan kinerja pemerintah dan mereka tak akan segan-segan memberikan masukan untuk menjadikan kota tersebut lebih baik ke depannya. Namun, pendapat tersebut tentunya disalurkan dengan cara-cara yang baik dan santun juga.

Itulah beberapa dampak positif yang bisa didapat dengan dibangunnya smart city. Lintasarta sebagai salah satu penyedia jasa layanan telekomunikasi memiliki peran yang cukup besar untuk mewujudkan hal ini. Nah, bagi Anda yang juga tertarik untuk ikut andil dalam pengembangan kota pintar ini, juga bisa gunakan Lintasarta untuk kemudahan teknologi.

Like and Share ya ūüôā