5 Cemilan untuk Ibu Hamil agar Anak yang Lahir Bisa Cerdas
Kesehatan

5 Cemilan untuk Ibu Hamil agar Anak yang Lahir Bisa Cerdas

Di dunia ini, hukum sebab-akibat 100% terjadi. Termasuk jika dikaitkan dengan kecerdasan anak. Oleh karena itu, agar bisa melahirkan anak yang cerdas, ada kiat tersendiri. Salah satunya dengan mengonsumsi cemilan untuk ibu hamil yang tepat. Apa saja sih yang bisa membantu tumbuh-kembang otak si janin dalam kandungan? Berikut daftarnya.

  1. Susu

Tidak hanya bisa meningkatkan daya serap ilmu saat kanak-kanak, manfaat susu juga bisa diserap oleh janin yang berada dalam kandungan. Di dalam produk susu, terdapat kandungan berupa vitamin B, magnesium, serta zat besi. Jadi, saat fungsinya bekerja dalam pembentukan sistem saraf, kandungan tersebut juga bekerja untuk memperkuat tulang Anda serta janin.

  1. Ikan dan Suplemen Minyak Ikan

Sekarang ini banyak kok yang bikin produk cemilan kering dari ikan. Jadi, Anda tidak harus menyantap ikan versi basahnya. Sudah berpuluh-puluh tahun dipercaya dan lolos uji laboratorium, bahwa ikan bisa meningkatkan kecerdasan janin, bayi, anak-anak, maupun orang dewasa. Sebaiknya Anda konsumsi secara rutin. Terutama ikan salmon.

Sedangkan jika Anda mau menyantap cemilan alternatif, konsumsi saja suplemen minyak ikan. Kandungan omega 3 DHA/EPA-nya cukup tinggi dan sangat bagus untuk perkembangan otak si janin. Cemilan ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang tengah berada pada periode kehamilan trimester terakhir. Sebab butuh asupan omega 3 yang banyak.

  1. Buah Beri

Cemilan untuk ibu hamil ini memang cukup sulit ditemukan di pasar-pasar tradisional. Tapi kalau Anda beli di pasar buah ataupun pasar modern, kemungkinan besar ada kok. Selain rasanya yang enak dan segar, buah beri juga mampu mengoptimalkan terbentuknya sistem saraf di janin.

Buah beri memiliki kandungan berupa antioksidan sehingga bisa melindungi jaringan otak janin dari serangan radiasi. Apalagi di zaman sekarang yang apa-apa serba menggunakan media teknologi seperti HP dan laptop. Soalnya otak yang sering terkena radiasi, bisa cepat mengalami penurunan kualitas daya serap maupun. Terutama saat nantinya sudah sekolah.

  1. Polong-polongan

Cemilan dari polong-polongan itu memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Saat Anda tengah hamil, kebutuhan zat besi sangat besar karena bisa meningkatkan kadar hemoglobin. Adapun untuk janin, zat besi tersebut berfungsi untuk menjaga asupan oksigen yang masuk. Jadi, pertumbuhan otak serta fisiknya tidak akan mengalami gangguan.

  1. Telur Ayam

Selain mudah didapatkan, telur ayam juga memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh. Kandungan protein yang ada pada telur ayam cukup tinggi. Manfaatnya bisa membantu tumbuh-kembang fisik janin dalam rahim, termasuk otaknya. Selain itu, kandungan kolin di dalam telur ayam juga bisa menurunkan risiko bayi cacat saat lahir.

Cemilan untuk ibu hamil kurang afdal rasanya jika tidak disertakan minuman serupa susu maupun minuman menyehatkan lainnya. Maka dari itu, di atas tadi menyebutkan produk susu. Soalnya kandungan yang ada di dalam susu sama besarnya jika disejajarkan dengan cemilan lain dari segi manfaat.

Like and Share ya 🙂