Usir Penat, Boleh Nih Coba Ide Nenteng Alat Pancing di Akhir Pekan
Lifestyle

Usir Penat, Boleh Nih Coba Ide Nenteng Alat Pancing di Akhir Pekan

Setelah sepekan berkutat dengan komputer ataupun seabrek kerjaan yang melelahkan, tidak ada salahnya mencoba menenteng alat pancing. Walaupun nampak remeh dan ringan, ternyata nggak murah dan nggak mudah loh jika Anda menginginkan hasil yang terbaik. Apa saja bagian dari alat pancing yang perlu Anda tahu? Tentu saja ada kail pancing, joran pancing, dan reel pancing. Mungkin Anda bisa berbincang dengan teman yang sudah biasa melakukannya, tanyakan seperti apa joran pancing yang nyaman? Atau mungkin reel pancing yang mudah untuk kelancaran benang, atau kail pancing seperti apa yang cocok? Berikut yang perlu Anda cermati, sedikit tentang alat pancing seperti joran pancing, reel pancing, dan kail pancing.

Memilih Joran Pancing

 Ternyata Joran Pancing didesain berbeda-beda untuk banyak lokasi. Joran pancing untuk kolam, tambak, sungai, waduk tentu berbeda dengan yang digunakan untuk air laut. Anda jangan sampai salah pilih demi kenyamanan memancing tanpa hambatan. Contoh joran ada banyak, misal joran spinning yang cocok untuk menarget kerapu, barakuda dan ikan-ikan besar lain di laut. Bahannya biasanya dari fibber, grafit yang lentur dan tidak berkarat. Alat pancing seperti ini yang cukup berkualitas dapat anda beli di Blanja.com.

Contoh lain adalah joran balicasting, pas diajak ke rawa-rawa atau sungai. Pokoknya untuk lokasi yan sempit dan sulit. Cara menggunakannya juga agak sulit, dilempar dari samping dan memerlukan akurasi yang tepat. Selain itu masih ada jenis sturf Casting yang cocok untuk pinggiran pantai. Ada juga joran jigging, popping, trolling bahkan ice fishing. Kalau mau murah, sih, bisa joran bambu.

Menentukan Reel Pancing

 Alat pancing selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah reel pancing adalah penggulung benang, fungsinya memudahkan pemancing untuk melempar umpan dan menarik ikan. Untuk kenyamanan memancing, pastikan Anda memahami bagian-bagian reel pancing yang perlu di cermati sebelum membelinya. Mulai dari reel body, reel size, geer rasio, drag system, ball bearing. Pastinya Anda juga harus menyesuaikan pilihan tipe reel dengan target umpan yang Anda inginkan.

Tipe reel pancing ditunjukkan oleh angka yang merupakan kelas reel. Misal reel dengan angka 1000 berarti ia berada pada kelas 1000gram, sama dengan 1 kilo. Jadi reel memiliki kemampuan menahan tarikan ikan maksimal 1 kilo. Pastinya, jangan mengatur reel sampai maksimal, takutnya nanti malah merusak gear. Kemungkinan terburuknya adalah Anda bisa tercebur ke air gara-gara mempertahankan reel pancing.

Tentukan Kail Pancing

Kail Pancing, bagian dari alat pancing satu ini paling bersinggungan langsung dengan target. Bentuk dan bahannya beragam. Biasanya sih berbahan dasar baja dengan campuran karbon atau baja campuran vanadium dengan stainless steel. Ada juga yang lebih berkualitas dengan lapisan anti korosif alias anti karat. Ini penting disesuaikan dengan air pada lokasi memancing.

Kail pancing yang digunakan di laut dengan konsisi air yang asin tentu lebih baik memiliki lapisan anti karat ini. Kalau perlu pilihlah kail pancing dengan warna tambahan yang memunculkan nilai tambah. Yang pasti, jangan lupa untuk menyesuaikan ukurannya dengan ukuran ikan yang bakal Anda target. Nggak mungkin, kan, mincing barakuda pakai kail berukuran kecil?

Sudah siap, nih, sekarang untuk mengeksekusi ide pergi mincing, siapkan alat pancing terbaik dan jangan lupa siapkan bekal biar nggak kelaparan. Barangkali, salah satu kegiatan menunggu yang selalu diburu adalah memancing. Rela deh nunggu berjam-jam sampai joran pancing bergerak, tanda kail pancing Anda dilahap ikan. Segera putar reel pancing, sebelum si ikan berhasil kabur.

Like and Share ya 🙂