Tinggal Di Apartemen
Property

Penting !! Ini Kelebihan Dan Kekurangan Tinggal Di Apartemen Yang Wajib Kamu Tau

Berbicara apartemen di Bandung, kamu pastinya sudah tau ya jenis hunian yang satu ini. Iya apartemen adalah sebuah bangunan bertingkat tinggi yang fungsinya dijadikan sebagai tempat hunian pengganti rumah. Keren ya kamu kalau bisa mengambil hunian disini, kamu sendiri bagaimana? Tetapi sebelum memutuskan untuk mengambil hunian di apartemen, ada baiknya kamu semua mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan apabila tinggal di apartemen ini . Hal ini untuk mengantisipasi apabila ada hal yang tidak biasa kamu alami ketika tinggal di sebuah hunian rumah atau pun hunian yang lainnya. Berikut ini penulis akan membagikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen. Yuk kamu langsung saja kita kita bahas!

Kelebihan Tinggal di Apartemen, Berikut ini beberapa kelebihan apabila tinggal di apartemen, antara lain :

Mudah Dijangkau

Kelebihan apartemen yang paling utama adalah lokasinya yang sangat mudah dijangkau. Biasanya lokasi apartemen sengaja dibangun dengan lokasi yang gampang dijangkau oleh semua orang, dan berada di lokasi strategis didalam kota. Hal ini memang sengaja dirangkai untuk menarik perhatian para calon penghuninya. Karena biasanya jika pembangunan rumah tapak jauh dari jalan raya, jenis hunian apartemen ini menawarkan konsep yang sebaliknya. Baca juga mengenai perbedaan rumah susun dan apartemen.

Fasilitas Apartemen Yang Lengkap

Didalam gedung apartemen, biasanya sudah tersedia berbagai fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh penghuninya. Fasilitas tersebut seperti minimarket, kolam renang, jogging trek, taman, kafe, restoran, dan lain sebagainya. Hal ini adalah fasiltas yang diberikan kepada penghuni apartemen, agar semua penghuni apartemen merasa nyaman dan merasa dimanjakan dengan hadirnya fasilitas-fasilitas tersebut. Selain itu, penghuni apartemen biasanya memiliki akses untuk menikmati fasilitas tersebut dengan mudah, dibandingkan dengan orang pendatang yang bukan penghuni apartemen tersebut.

Lebih Praktis

Ukuran apartemen yang lebih kecil memudahkan kita saat membersihkan dan merapikan ruangannya. Tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga ekstra untuk membersihkan lantai yang luas, padahal tidak sepenuhnya kita butuhkan. Selain itu, beberapa perawatan seperti saluran pembuangan atau sirkulasi udara juga tidak perlu lakukan sendiri, karena dengan tinggal diapartemen semua hal tersebut akan dilakukan sendiri oleh pengelola apartemen di Bandung tersebut. Jadi untuk kamu yang tidak begitu suka dengan perawatan rumah serta pengurusannya sebaiknya tinggal dihunian apartemen ini aja kamu, karena praktis. Baca juga mengenai jenis jenis rumah tinggal

Keamanan di Apartemen Pasti terjamin

Dengan kode akses masuk yang terbatas, ( karena yang punya akses masuk ke area apartemen biasanya adalah penghuni, petugas atau pengelola apartemen tersebut), tersedianya petugas keamanan yang ketat dan non-stop 24 jam sehari, adanya kamera pengawas atau CCTV di titik-titik tertentu didalam apartemen yang dapat menjakau semua area apartemen juga salah satu faktor yang mendukung sistem keamanan di hunian apartemen.

Pemandangan Yang Indah

Tinggal diapartemen yang tinggi dapat memungkinakan kamu bisa melihat pemandangan yang luas dan indah setiap harinya. Hijaunya pemandangan pohon-pohon pagi hari, indahnya biru langit pada siang hari, dan gemerlapnya kilau lampu yang memeberikan cahaya terang, dapat memanjakan pandangan kamu setiap harinya. Pastinya pemandangan sebagus ini tidak akan kamu dapatkan ketika berkediaman di rumah hunian kamu. Ingin pemandangan yang menarik setiap harinya?

Kekurangan Tinggal di Apartemen

Jika ada kelebihan, pastinya juga ada kelemahan atau kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan apabila tinggal di apartemen, antara lain:

Minim Sosialisasi

Tingkat sosilaisasi antara penghuni apartemen yang satu dengan yang lainnya tergolong lebih rendah dibandingkan dengan tingkat sosialisasi yang tinggal di perumahan petak. Biasanya diperumahan petak kekeluargaan, kerukunan antar warga sangatlah dijaga, lebih lagi dengan adanya gotong royong antar warga. Bahasa kerennya jika tinggal di apartemen menganut sistem “ siapa lu siapa gue”. Jadi jika kamu adalah orang yang senang dengan kegiatan sosial sebaiknya pilih hunian di perumahan petak.

Menyiapkan Budget Untuk Perawatan

kamu harus membayar biaya perawatan (maintenance) dan service charge dengan harga yang cukup mahal setiap bulannya. Biaya ini meliputi biaya jasa keamanan, konsumsi listrik dan air untuk fasilitas umum, kebersihan dan juga lot parkir yang diberikan. Biasanya besarnya tagihan tergantung berapa besarnya luas unit apartemen yang kamu miliki. Berbeda dengan tinggal di perumahan petak ya kamu, cukup bayar uang sampah Selain itu untuk parkir bisa di teras atau garasi rumah sendiri.

Mematuhi Peraturan yang Sudah Ditetapkan

Sejumlah peraturan ketat yang telah dibuat dan ditetapkan oleh pengelola apartemen dapat mengurangi ruang gerak kamu. Misalnya saja tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke dalam apartemen, atau kamu akan dikenakan biaya tambahan apabila kamu mengubah eksiting interior unit yang kamu miliki walaupun unit apartemen sudah hak milik kamu.

Karena kamu sudah tau apa kelebihan dan kekurangan apabila tinggal di apartemen, sebaiknya pikikan dulu dengan tepat sebelum mengambil keputusan, agar tidak menyesal nantinya.

Like and Share ya 🙂