Melek Teknologi Agar Tidak Terkena Penipuan Mandiri E-cash
Others

Melek Teknologi Agar Tidak Terkena Penipuan Mandiri E-cash

            Penipuan mandiri e-cash merupakan salah satu modus penipuan yang sering terjadi, khususnya di kalangan penjual toko online. Karena hampir seluruh transaksi jual beli dilakukan tanpa bertemu dengan calon pembeli, pembayaran juga dilakukan dengan transfer.

Ketika proses transfer sudah selesai, kemudian barang akan dikirimkan ke alamat pembeli. Ini lah yang membuat berjualan secara online menjadi sangat rentan untuk dijadikan target penipuan. Karena anda tidak bertemu tatap muka dengan calon pembeli, anda tidak dapat mengetahui nama asli ataupun wajah dari calon pembeli. Karena bisa saja dia menggunakan nama palsu dan foto palsu. Bahkan walaupun dia memberikan foto KTP atau SIM, anda juga tidak boleh percaya 100% bahwa calon pembeli anda adalah pembeli serius, bukan oknum penipuan.

            Agar anda tidak terkena penipuan mandiri e-cash, ada baiknya agar anda mengenal mandiri e-cash. Jadi apabila anda menemukan keganjilan terkait mandiri e-cash yang dijelaskan oleh calon pembeli, anda bisa langsung menghentikan percakapan dengan calon pembeli tersebut dan memblok nomer mereka agar kedepannya hal seperti itu tidak terjadi lagi. Berikut akan dijelaskan secara lengkap apakah mandiri e-cash itu.

  1. Mandiri e-cash

Mandiri e-cash merupakan uang elektronik dengan menggunakan teknologi USSD dan aplikasi yang dapat diakses di smartphone sebagai basisnya. Pengguna mandiri e-cash dapat melakukan berbagai macam transaksi seperti top up e-money, tarik tunai, mengecek saldo, transfer antar mandiri e-cash dan lain sebagainya tanpa perlu membuka rekening di bank mandiri. Anda cukup melakukan registrasi di rumah, yang perlu disiapkan hanyalah smartphone dan juga nomer telpon yang masih aktif. Layanan ini sangat aman karena ada kode rahasia dan juga PIN. Jadi setiap akan melakukan transaksi anda diharuskan untuk memasukkan PIN yang sudah dibuat.

  1. Fitur mandiri e-cash

Ada banyak fitur pada mandiri e-cash yang dapat digunakan oleh pengguna mandiri e-cash, yaitu mengecek saldo dan histori transasi, mengisi saldo dari e-channel bank mandiri, transfer ke ATM bersama, tarik tunai dari toko tertentu, transfer saldo ke nomer telepon lainnya, transfer ke rekening bank mandiri, tarik tunai di atm mandiri tanpa kartu ATM, membayar tagihan rumah.

  1. Kemudahan mandiri e-cash

Banyak sekali kemudahan yang didapat dengan menggunakan mandiri e-cash, yaitu mandiri e-cash dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai, dapat digunakan semua telepon seluler, untuk mendaftar mandiri e-cash sangat mudah tanpa harus datang ke bank mandiri, tidak perlu mencari uang pas ketika membayar, kemudahan untuk mentransfer saldo ke nomer telepon tanpa harus menggunakan nomer rekening bank.

  1. Saldo minimum mandiri e-cash

Tidak ada batasan saldo minimum untuk melakukan transaksi. Selama mandiri e-cash anda aktif dan ada saldonya berapapun itu maka anda dapat melakukan transaksi.

  1. Biaya transaksi dan bunga

Tidak ada biaya administrasi ketika melakukan transaksi dan tentunya saldo yang anda miliki pada mandiri e-cash tidak akan dikenakan bunga. Karena mandiri e-cash berbeda dengan rekening bank. Dimana rekening pada bank anda mendapatkan bunga, namun ketika melakukan transaksi anda akan dikenakan biaya administrasi.

            Anda sudah mengetahui hal-hal penting terkait mandiri e-cash. Dengan pengetahuan anda saat ini diharapkan kedepannya anda tidak akan terkena penipuan mandiri e-cash. Ingat, apabila ada calon pembeli yang mencurigakan dan memberikan penjelasannya berbeda dengan yang sudah anda baca di artikel ini, ada baiknya agar anda tidak melanjutkan percakapan dengan calon pembeli tadi.

Like and Share ya 🙂