Kenali Ciri-ciri Toko Sepeda Palsu Melalui Situs Online Berikut Ini!
Others

Kenali Ciri-ciri Toko Sepeda Palsu Melalui Situs Online Berikut Ini!

Jaman modern seperti sekarang ini orang lebih memilih menggunakan alat transportasi canggih dan lebih memudahkan. Tidak heran jika penggunaan sepeda pada umumnya semakin berkurang, mereka lebih memilih memakainya hanya pada saat-saat tertentu saja seperti olahraga misalnya. Walaupun begitu nyata tidak sedikit toko sepeda yang masih diserbu oleh masyarakat yang menginginkan alat transportasi roda dua tersebut. Hal itulah yang membuat produsen sepeda lokal maupun internasional masih aktif menciptakan produk-produk terbaru mereka baik untuk anak-anak, remaja sampai dengan dewasa sekalipun.

Ramainya toko konvensional sepeda ternyata seimbang dengan banyaknya orang yang memilih membeli melalui toko online. Alasan yang lebih mudah, lebih praktis dan cepat mereka utarakan dari pada membeli secara umum. Tetapi terlepas dari itu semua ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan penting sebelum Anda menentukan membeli sepeda melalui online. Ya, munculnya toko online abal-abal lah yang dikhawatirkan bisa saja menjebak dan merugikan Anda sebagai konsumen. Makanya untuk menghindari hal itu semua Anda harus mengetahui dan membedakan toko mana yang paling tepat, aman dan terpercaya.

Selain mengetahui toko yang paling tepat, penting juga Anda mengetahui toko seperti apa yang bisa mengancam keraguan Anda. Inilah beberapa ciri dari toko yang menjual sepeda secara online yaitu:

  1. Promosi sembarangan.

Trik yang paling sering dilakukan oleh orang-orang pelaku penipuan adalah dengan membuat promosi secara sembarangan. Bahkan hal itu didukung dengan iming-iming yang semakin memudahkan konsumen seperti bisa dilakukan kredit, harga murah, angsuran ringan dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan tidak jarang pula mereka menggunakan alamat website yang penipu atau abal-abal.

  1. Barang terlalu murah.

Inilah pentingnya Anda mempertimbangkan harga barang satu toko dengan lainnya sebelum membeli. Tujuannya adalah mengetahui terlebih dahulu pasaran harga produk yang akan Anda beli, jika ada toko sepeda yang menawarkan harga dibawah rata-rata perlu Anda curiga. Kecuali jika memang mereka menggunakan jaminan yang lebih masuk akal, bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan.

  1. Menggunakan website gratisan.

Saat ini sosial media sudah merupakan lapak umum, semua orang bisa saja melakukan jual beli menggunakan situs gratisan. Inilah ciri yang perlu Anda amati dan curigai, jangan sampai Anda tertipu dengan iming-iming harga murah, gratisan ataupun lain sebagainya. Jika memang belum ada bukti yang nyata perlu dijadikan pertimbangan sebelum Anda memutuskan.

  1. Tidak menerima COD.

Sistem pembayaran ditempat atau lebih dikenal dengan COD memang sedang tren saat ini, hal ini membuktikan adanya jaminan yang lebih kepada konsumen. Dengan begitu konsumen juga akan lebih percaya setelah melihat barang dan melakukan pembayaran ditempat. Jika memang toko yang Anda pilih tidak menyediakan sistem tersebut, perlu dicurigai.

  1. Tidak ada alamat jelas.

Walaupun mempunyai toko online sepertinya tetap perlu juga mencantumkan alamat secara lengkap pada website toko. Hal ini adalah salah satu upaya untuk membuat konsumen lebih aman dan terjamin. Jika memang Anda memilih toko yang tidak mencantumkan alamat ataupun kontak yang jelas perlu dipertanyakan lagi.

Pada dasarnya kesempatan menipu setiap pelaku itu bisa digagalkan dengan orang lain yang lebih cerdas dan pintar. Makanya jangan menjadi konsumen yang menginginkan kemudahan tanpa mengecek apakah benar-benar aman atau tidak. Alih-alih menginginkan membeli pada toko sepeda online yang lebih praktis dan mudah tetapi yang didapatkan malah sebaliknya, bahkan kerugian. Tetaplah menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih dan menentukan mana yang paling tepat dan tidak merugikan Anda sebagai konsumen.

Like and Share ya 🙂