Alat Makan Paling Aman untuk Perlengkapan Bayi
Lifestyle

4 Ciri Alat Makan Paling Aman untuk Perlengkapan Bayi

Salah satu yang paling menantang ketika merawat bayi adalah ketika memilih alat makan paling aman. Perlengkapan bayi ini tidak boleh dibeli sembarangan. Dampak negatifnya nanti langsung pada kesehatan bayi, mengingat tubuhnya rentan penyakit. Biar tidak salah pilih, pastikan alat makan yang Anda beli memenuhi kriteria ini.

  1. Alat Makan Tidak Berbahan Plastik Tradisional

Alat makan yang berbahan melamin cenderung lebih aman. Kenapa? Soalnya proses daur ulangnya lebih higenis daripada plastik tradisional. Alat makan paling baik untuk bayi tidak boleh melebihi 6 bulan pemakaian. Alat makan yang lebih dari 8 bulan akan mudah dihinggapi berbagai bakteri maupun virus yang mengancam kesehatan bayi.

  1. Bebas BPA

Apa itu BPA? Secara umum, BPA adalah Biphesnol-A yang merupakan zat kimia berbahaya. Zat ini mampu merusak sistem metabolisme dalam tubuh bayi. Alat makan yang bebas BPA biasanya berwarna keruh. Lebih tepatnya, sebaiknya lihat juga dari logo yang tertera dalam kemasan. Biasanya logo itu berbentuk segitiga panah atas.

Nomor pada segitiga tersebut mengindikasikan kode daur ulangnya. Kalau ada nomor 6 pada tanda segitiga atau tulisan PC, berarti alat makan tersebut mengandung BPA. Lebih baik jangan dibeli demi kesehatan bayi Anda. Biasanya, bayi yang menggunakan alat-alat yang mengandung BPA akan mudah terkena penyakit diare.

  1. Ada Tulisan Food Grade

Tulisan ini bertujuan untuk memberitahu bahwa alat makan dibuat menyesuaikan umur bayi. Baik umur beberapa minggu atau hitungan bulan. Ketika alat makan yang digunakan tidak sesuai dengan umur bayi, nanti hasilnya kurang aman. Khusus untuk menyuapi bayi, lebih baik Anda tidak menggunakan alat makan saat makanan masih hangat.

  1. Tidak Ada Bagian Tajamnya

Alat makan yang tajam nanti akan merusak bagian dalam mulut si bayi. Terlebih lagi mulut bayi masih rentan lecet, tergores, atau bahkan bisa terluka kalau dipaksa menggunakan alat makan yang tajam. Kalau sudah begitu, nanti si kecil tidak akan mau disuapi makanan lagi. Dia akan cenderung menghindari Anda dalam waktu yang cukup lama.

Sebaiknya pertimbangkan saat ingin membeli perlengkapan bayi untuk membantu makan si kecil. Belilah produk dari tempat-tempat yang sudah terjamin kualitasnya. Perhatikan juga testimoni para pembeli yang membeli produk sama. Biasanya semakin banyak feedback positif, maka semakin aman produk itu.

Like and Share ya 🙂